Mengganti File Manager PopojiCMS yang Error Saat Upload

Penggunaan plugin file manager saat ini yaitu ResponsiveFilemanager ada beberapa developer yang  menemui error tidak bisa mengupload file pada saat di hosting. Meskipun konfigurasi sudah disesuaikan tetapi masalah ini terus berlanjut. Masalah upload error ini hanya terjadi di sebagian provider hosting saja, akan tetapi kebanyakan bisa berjalan dengan lancar pada saat upload file.

Setelah kami berdiskusi dan meminta pendapat dari pihak hosting, ternyata masalahnya ada di pengaturan tiap web hosting itu berbeda-beda. Untuk error upload ini diakibatkan pengaturan keamanan dari hosting yang tidak menginzinkan request post terutama input type file yang berasal dari iframe. Sedangkan file manager yang digunakan PopojiCMS menggunakan iframe untuk menampilkan dan memproses form antara client dan server.

Karena banyak request dari rekan-rekan sekalian yang mengalami masalah ini dan belum punya solusi. Sehingga kami tim PopojiCMS menyarankan untuk mengganti plugin file manager menggunakan RoxyFileBrowser. Tetapi sebelum melakukan proses pergantian, pastikan dulu hal-hal ini telah Anda lakukan tetapi masalah error upload file tetapi terjadi :

  1. Pastikan file po-librarry/po-config.php chmodnya 644.
  2. Pastikan tidak ada file yang error atau corrupt.
  3. Cek error log hosting untuk mendapatkan petunjuk yang berkaitan dengan error upload.
  4. Lakukan pengaturan di file po-admin/js/plugins/filemanager/config/config.php sesuai pada tulisan ini : https://www.facebook.com/popojicms/posts/717828081586858

Setelah 4 langkah di atas dilakukan tetapi masih error juga maka kami menyarankan untuk mengganti file managernya dengan RoxyFileBrowser. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Lakukan backup setiap file yang diganti pada langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka dan ganti isi file po-admin/admin.php dengan https://www.dropbox.com/s/7v6ib3fbyldppea/admin.php?dl=0 jika admin.php sudah pernah diedit silahkan ganti saja dari file yang baru tadi cukup ambil line 240 - 286.
  2. Kemudian buka file po-admin/js/app.js dan ganti dengan https://www.dropbox.com/s/31edq5fqx233obx/app.js?dl=0 jika app.js sudah pernah diedit silahkan ganti saja dari file yang baru tadi cukup ambil line 305 - 316.
  3. Download file ini https://www.dropbox.com/s/6k82jqav6aqq17f/filemanager2.zip?dl=0 pastikan nama po-admin belum direname.
  4. Masuk ke dalam folder po-admin/js/plugins/ kemudian masukan file downloadan di langkah ke 4 tadi ke dalam folder ini, setelah itu di extract filenya sampai didapati folder filemanager2.
  5. Berikutnya masuk ke dalam folder filemanager2 tadi lalu buka file conf.json, ubah kata http://localhost/ dengan url web yg aktif sekarang setelah di hosting. Jangan lupa harus ada tanda "/" di akhir penulisan url.
  6. Kemudian silahkan di tes file managernya. Kalau berhasil tolong di share yaa artikel ini ke rekan-rekan yang lain.

Terima kasih kepada rekan-rekan PopojiCMS yang sudah berkontribusi dan melaporkan setiap bugs untuk kemajuan PopojiCMS kedepan. Semoga kami bisa selalu membantu dan menyediakan platform yang powerfull untuk semuanya.


Jenuar Dalapang a.k.a Dwira Survivor

Tampilan Baru Website PopojiCMS Gratis Ebook Belajar Membuat Web Sendiri dengan PopojiCMS

Komentar (1)

Tinggalkan Komentar

Post Terkait